Meskipun dapat dibongkar pasang, kekuatan dan kekukuhan rumah prefabrikasi tidak perlu diragukan lagi.

Karena selain menggunakan bahan material dengan kualitas baik, rumah prefab juga ditopang dengan sandwich panel. Dengan sandwich panel, konstruksi dan struktur rumah portable ini menjadi semakin kuat.

Sandwich panel terbagi menjadi dua. Pertama adalah sandwich panel atap dengan beban yang lebih ringan, ukuran yang lebih tipis, dan terdapat fiberglass di bagian dalam lapisannya untuk menahan panas. Kedua adalah sandwich panel dinding dengan beban yang lebih berat, ukuran yang lebih tebal, dan terdapat busa poliuretan di bagian dalam lapisannya.

Baca Juga: Tips Memilih Perusahaan Pembuat Rumah Prefabrikasi

Untuk mendapatkan hasil dan kualitas terbaik, perusahaan prefab house Indonesia terpercaya bernama PT Sanwa Prefab Technology menggunakan EPS sandwich panel pada rumah prefab yang diproduksi. EPS Sandwich Panel terbuat dari bahan kimia khusus serta campuran styrofoam dimana bagian luarnya dilapisi oleh baja ringan.

Kelebihan Sandwich Panel EPS

Ada banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan sandwich panel EPS. Apa sajakah itu?

  1. Lebih Cepat Dalam Pemasangan

Jika membuat dan memasang dinding menggunakan bata dapat menghabiskan waktu berhari-hari dengan jumlah pekerja yang cukup banyak, lain halnya dengan membuat sandwich panel EPS. Pemasangan sandwich panel seluas 20-40 meter persegi dapat dikerjakan dalam waktu sehari dengan 4 orang tenaga kerja. Dengan waktu pemasangan yang lebih cepat, tentu dapat menghemat biaya operasional.

  1. Lebih Ekonomis

Proses pemasangan sandwich panel EPS tidak membutuhkan banyak tenaga kerja dan waktu pemasangannya jauh lebih cepat dibandingkan dengan memasang dinding bata. Selain itu, beban sandwich panel EPS juga lebih ringan, tidak menggunakan kolom praktis pada kasus-kasus tertentu, dan ukuran pondasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini membuat pemasangan sandwich panel dinding sandwich panel EPS lebih ekonomis.

  1. Lebih Hemat Listrik

Dengan sandwich panel dinding EPS, Anda dapat menghemat listrik. Hal ini dikarenakan panel dapat membuat suhu di dalam rumah menjadi sejuk. Udara sejuk yang ada didalam rumah prefabrikasi akan bertahan lebih lama, sehingga Anda tidak perlu berlama-lama menggunakan penyejuk ruangan. Tentunya, hal ini dapat membantu Anda lebih menghemat listrik

  1. Anti Gempa

Dibandingkan dengan dinding bata, sandwich panel EPS lebih kuat dalam hal kelenturan dan tekanan sehingga tidak membutuhkan kolom-kolom praktis pada kasus-kasus tertentu. Itulah sebabnya, rumah prefabrikasi adalah solusi dan pilihan tepat untuk penggunaan bangunan di daerah yang rawan gempa, seperti di Indonesia.

  1. Lebih Praktis

Untuk memasang sandwich panel EPS, para pekerja tidak membutuhkan semen atau pasir dan tidak membutuhkan aci untuk memplesternya sehingga tidak banyak bahan material yang tersisa. Sandwich panel yang menjadi komponen rumah prefabrikasi juga dapat dengan mudah disambung dengan aluminium.

  1. Lebih Ringan

Dinding yang terbuat dari bata memiliki berat hingga 250 kilogram per meter persegi, sedangkan sandwich panel EPS memiliki berat kurang lebih 54 kilogram per meter persegi untuk ketebalan 75 milimeter. Jadi jelas, berat sandwich panel dinding EPS jauh lebih ringan dibandingkan dengan berat dinding bata.

Baca Juga: Bangun Rumah Kurang dari Seminggu? Kenapa Tidak!

Jika ingin mencari informasi lebih lanjut tentang sandwich panel dinding EPS, Anda dapat menghubungi PT Sanwa Prefab Technology disini sebagai perusahaan prefab Indonesia tepercaya, tercepat, dan berpengalaman yang memang fokus menangani rumah prefabrikasi dan sandwich panel.

2 thoughts on “Mengenal Sandwich Panel EPS, Penyusun Rumah Prefabrikasi

Comments are closed.