Rumah prefabrikasi atau rumah prefab Indonesia adalah solusi yang tepat akan tingginya kebutuhan tempat tinggal yang tidak diimbangi dengan ketersediaan lahan.

Jenis rumah yang mulai dilirik oleh masyarakat luas ini memang jauh lebih ramah lingkungan dan menawarkan harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan rumah konvensional. Selain itu, membangun rumah prefab juga jauh lebih praktis karena seluruh komponen penyusunnya sudah dibuat di pabrik sesuai dengan pesanan Anda sehingga para pekerja hanya perlu merakit dan menyatukannya hingga menjadi sebuah rumah.

Seluruh komponen yang digunakan untuk membangun rumah ini dibuat menggunakan material-material yang ramah lingkungan, termasuk material untuk partisi dinding, plafon, dan atap. Agar dapat berdiri dengan kokoh, teknologi bernama sandwich panel digunakan untuk kebutuhan rumah prefabrikasi.

Baca Juga: Rumah Prefabrikasi, Solusi Baru Tempat Tinggal Modern

Sandwich panel adalah material berstruktur dengan beberapa lapis berupa lapisan inti dan lapisan kulit luar yang setiap sisinya saling mengikat. Dengan material ini, pembangunan rumah atau bangunan-bangunan prefab lainnya akan lebih cepat selesai dan lebih mudah. Ada dua jenis sandwich panel yang bisa digunakan, yaitu EPS dan rockwool. Kedua jenis tersebut bisa dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan.

Material Sandwich Panel

Salah satu kelebihan sandwich panel adalah kemampuan mempertahankan suhu dalam ruangan dan sifatnya yang anti-rayap, sehingga akan membuat Anda aman dan nyaman berada di dalam rumah atau bangunan prefab lainnya. Ada dua jenis sandwich panel berdasarkan profilnya, yaitu sandwich panel dinding dan sandwich panel atap, yang keduanya tersusun atas beberapa material berupa:

  1. Busa Poliuretan

Sebagai lapisan material, busa poliuretan dapat memberikan insulasi termal dan tingkat hidro yang tinggi, tidak mudah terbakar, tidak terpengaruh oleh kelembapan lingkungan sekitar, mencegah paparan zat korosif, serta tidak terpengaruh oleh jamur, hewan pengerat, dan serangga.

  1. Fiberglass

Material ini berasal dari filamen gelas terbaik yang dapat meredam suara, tidak mudah terbakar, mudah diangkut atau dipindahkan, mudah diinstalasi, dan yang paling penting adalah ramah lingkungan.

  1. Polypropylene

Material berbentuk sarang lebah ini memiliki konduktivitas termal rendah, bobot yang ringan, mencegah efek radiasi ultraviolet dan panas, memiliki daya tekan yang tinggi, serta tahan air.

  1. Serat Basalt Atau Wol Material

Serat basalt atau wol material menjadi lapisan yang paling penting karena dapat meredam panas dan suara dengan baik, mencegah paparan zat korosif, dan menstabilkan perubahan suhu.

  1. Styrofoam Atau Polystyrene

Kedua material ini memiliki karakteristik yang sangat padat. Meskipun ringan, material tersebut dapat memiliki daya tahan akan goncangan yang sangat tinggi saat ditimpa. Pengguna bangunan bisa memilih salah satu jenis baik styrofoam atau polystyrene untuk kebutuhan membangun cottage, gudang, pertokoan, rumah, dan bangunan-bangunan prefab lainnya.

  1. Pelapis

Material pelapis pada sandwich panel ini terdiri atas aluzinc, baja galvanis, papan gypsum, plastisol, polyester, polydifluoronad, dan pural. Material ini dapat memantulkan radiasi ultraviolet serta melindungi permukaan panel dari korosi dan perubahan suhu.

Sanwa Prefab adalah solusi tepat bagi Anda yang mencari rumah prefabrikasi dengan sandwich panel yang berkualitas. Kami selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik demi memajukan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Rumah Prefabrikasi, Solusi Tempat Tinggal Sementara Pekerja

Segera hubungi kami disini untuk mendapatkan info selengkapnya seputar EPS Sandwich Panel dan rumah prefabrikasi!

One thought on “Mari Ketahui 6 Material Penyusun Sandwich Panel Berikut!

Comments are closed.